Minggu, 19 Februari 2017

hewan asli dari Indonesia yang langka di dunia

1. Harimau
Harimau | Via: Istimewa
Terdapat dua spesies harimau endemic Indonesia, yakni Harimau Sumatera dan Bali. Namun harimau Bali telah dinyatakan punah sejak 1937. Adapun harimau Sumatera saat ini diperkirakan hanya berjumlah 500 ekor.
2. Badak
Badak | Via: istimewa
Terdapat dua jenis badak asli Indonesia yang sangat langka, yaitu Badak Sumatera (Badak bercula dua) dan Jawa (badak bercula satu). Badak Bercula dua, diperkirakan populasinya tidak lebih dari 300 ekor. Sedangkan Badak Jawa, kendati telah dibuatkan penangkaran di ujung kulon, banten. Namun populasi ini terus mengalami penurunan. Data terakhir menyebutkan jumlahnya hanya mencapai puluhan ekor saja.
3. Orang Utan
Seekor orang utan betina bermalas-malasan ketika rombongan wisatawan tiba di Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah, pada Selasa (16/6/2015). (REUTERS/Darren Whiteside)
Terdapat dua jenis Orang Utan asli Indonesia, yaitu Orang utan Sumatera dan orang Utan Kalimantan. Orang utan Sumatera adalah spesies yang terlangka. Orang Utan Sumatera ini lebih kecil dibanding Orang utan Kalimantan.
4. Monyet Hitam Sulawesi
Mengenal Yaki, Monyet Hitam dari Sulawesi. (Foto: assets-a1.kompasiana.com)
Monyet Hitam ini biasa disebut Yaki atau Monyet Wolai. Yaki mudah dikenal karena memiliki ciri yang unik dari monyet lainnya yaitu memiliki rambut jambul dan pantat merah muda seperti bentuk hati. Selain itu, Yaki memiliki ciri badan yang besar dengan warna hitam legam dengan bulu yang mengkilat menutupi seluruh tubuhnya, kecuali telapak tangan, wajah, dan pantat.
5. Anoa 
Baru Lahir, Anoa Taman Safari Cisarua Langsung Cium Ibunya. (Foto: Instagram/tamansafariprigen)
Sekilas lebih mirip kambing dengan ukuran yang besar. Yang membedakan dengan kambing selain ukuran tubuhnya yang besar adalah adanya tanduk runcing yang mencapai 30 cm panjangnya. Adalah termasuk mamalia yang mempunyai kuku genap. Mempunyai habitat asli di wilayah Sulawesi, dan itu bagian dari Indonesia.




Sumber : http://googleweblight.com/?lite_url=http://m.bintang.com/lifestyle/read/2487691/lima-hewan-asal-indonesia-ini-ternyata-paling-langka-di-dunia&ei=-xMYwDyf&lc=id-ID&s=1&m=538&host=www.google.co.id&ts=1487494366&sig=AJsQQ1Bvt_U1Por46fNEhYDvUGLjoOs82w

Tidak ada komentar:

Posting Komentar