Minggu, 29 Januari 2017

air terjun terindah di yogyakarta

10 Objek Wisata Air Terjun di Yogyakarta


1# Air Terjun Gedangan – Bantul

Air Terjun Gedangan mempunyai ketinggian kurang lebih 8 mtr. dengan muara di bawahnya sedalam kira-kira satu mtr.. Air terjun ini di kenal dengan nama Air Terjun Seribu Batu lantaran area sekitar air terjun dikelilingi oleh bebatuan yang datang dari gunung api tua Ngelanggran. Air Terjun Seribu Batu mempunyai ciri khas sendiri dibanding dengan air terjun yang lain. Air yang mengalir dari ai terjun ini diakui mempunyai banyak faedah terlebih untuk awet muda serta mempererat jalinan suami-istri.

2# Air Terjun Goa Cerme – Bantul

Air Terjun Goa Cerme


3# Air Terjun Jogan – Gunung KIdul

Kekhasan Air Terjun Jogan yaitu aliran terjunan airnya masuk ke laut kurang lebih 10 meter dari bibir pantai. Ketinggian air terjun ini cuma kurang lebih 10 meter saja dengan sumber airnya datang dari perbukitan karst di samping utara.

4# Air Terjun Parangtritis – Bantul

Air Terjun Parangtritis ada di ujung samping timur dari Pantai Parangtritis, air terjun ini mengalir dari atas bukit karang di tepi pantai hingga jadikan air terjun ini sangatlah unik serta cukup istimewa lantaran air yang mengalir dari atas bukit segera mengalir ke batu-batuan karang serta pasir di bibir pantai.

5# Air Terjun Sidoharjo – Kulon Progo

Air Terjun Sidoharjo
Air Terjun Sidoharjo mempunya ketinggian kurang lebih75 meter.  Air terjun tersebut belum banyak dikenal oleh masyarakat sehingga masih cukup alami.

6# Air Terjun Sri Gethuk – Gunung Kidul

Air Terjun Sri Gethuk atau mungkin dengan nama lain Air Terjun Slempret mempunyai kekhasan sendiri lantaran bercabang pada dua celah tebing serta nampak dari sela-sela tebing karst yang gersang. Air tejun ini mempunyai ketinggian seputar 80 mtr. serta ada pas di tepiSungai Oyo. Ada tiga sumber mata air yang menyembur di seputar air terjun Sri Gethuk, yakni mata air Dung Poh, Ngandong serta Ngumbul.

7# Air Terjun Tlogomuncar – Sleman

Air Terjun Tlogomuncar yang lebih di kenal dengan nama Air Terjun Kaliurang ada di lokasi wisata Kaliurang, Sleman di lereng gunung Merapi. Air Terjun ini mempunyai ketinggian seputar 30 – 45 mtr. serta ada pada ketinggian 878 m diatas permukaan laut (dpl) dengan suhu pada 20o-25oC. Sumber mata air terjun ini ada di lereng Bukit Plawangan. Sayangnya waktu musim kemarau umumnya air terjunnya alami kekeringan, hal semacam ini karena debet airnya sangatlah kecil.

8# Curug Nglinggo – Kulon Progo

Terdapat di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

9# Grojogan Banyu Tibo – Gunung Kidul

Adalah air terjun yang tersembunyi dibalik dataran tinggi. Terdapat di daerah perbatasan pada Semin serta daerah Wonogiri, Jawa Tengah. Akses jalan ke area ini yg cukup menantang lantaran naik turun serta belum ada panduan ke tempat ini. Melalui jalan setapak di sepanjang pemantang sawah yang cukup elok hijaunya agar bisa memandang indahnya Air Terjun Grojogan Banyu Tibo ini.

10# Grojogan Watu Jonggol – Kulon Progo

Grojogan Watu Jonggol
Grojogan Watu Jonggol
Grojogan Watu Jonggol ada di ketinggian 900 m dpl yang terdapat di pegunungan Menoreh didalam lokasi Desa Wisata Nglinggo. Grojogan Watu Jonggol ini memilki ketinggian seputar 60 m. Terkecuali Grojogan Watu Jonggol di lokasi ini dapat ada dua air terjun lagi yakni Kedung Cumpleng serta yang satunya umum dimaksud Curug Nglinggo. Untuk menuju ke tempat ke dua air terjun ini cukup susah di mana mesti melalui jalan setapak serta menuruni lembah yang dalam. Cuma ke tempat Grojoran Watu Jonggol saja yang gampang di akses lantaran telah dibuatkan jalan setapak.




 sumber  :   http://alampriangan.com/10-objek-wisata-air-terjun-di-yogyakarta/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar